Tentang AdBM

Api di Bukit Menoreh adalah cerita karya S.H. Mintardja, yang diterbitkan oleh penerbit Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, sebagai cerita bersambung di harian Kedaulatan Rakyat dan juga dalam bentuk buku cetak, antara tahun 1968 – 2002. Cerita ini tidak sempat diselesaikan oleh penulis, yang meninggal pada tahun 1999.

Dalam bentuk buku, cerita ini diterbitkan dalam empat seri (seri I – IV), masing-masing seri terdiri dari 100 jilid (kecuali seri IV yang hanya sampai jilid 96), dan setiap bulan diterbitkan satu jilid.

Cerita ini berlatar belakang masa berdirinya kerajaan Pajang hingga masa kerajaan Mataram, di wilayah Jawa Tengah. Tokoh-tokoh dalam cerita ini menggabungkan antara tokoh fiksi (Agung Sedayu, Kiai Gringsing, Sekar Mirah, dll) dengan tokoh sejarah dari kalangan istana (Sutawijaya/Panembahan Senopati, Sultan Hadiwijaya, Ki Juru Martani, dll).

Seniman yang mengerjakan gambar sampul buku-buku Api di Bukit Menoreh adalah drs. Herry Wibowo. Sedangkan ilustrasi dikerjakan oleh drs. Sudyono dan drs. Suparto.

Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: